Senin, 24 Januari 2011

Sastra.

Sastra adalah ungkapan pribadi manusia berupa pengalaman, pemikiran, perasaan,
gagasan, semangat, keyakinan, dalam suatu bentuk gambaran kongkret yang membangkitkan pesona dengan alat-alat bahasa. Novel selalu dilengkapi dengan unsure intrinsik, salah satunya adalah penokohan. Akan tetapi, dalam menampilkan tokohnya pengarang sering menampilkan secara implisit sehingga tidak semua pembaca dapat memahami maksud dalam sebuah novel. Untuk itulah kami menyusun karya tulis ini dengan memberi penjelasan yang lebih mendalam tentang penokohan dalam karya sastra bentuk novel yang berjudulkan “JALAN MENIKUNG PARA PRIYAYI 2”.
Dalam pengukapannya penulis menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian non hipotosis yang hanya menggambarkan suatu data yang diperoleh dari analisis novel.
Hasil analisis ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam penokohan dalam novel tersebut. Akan tetapi inti dari semuanya adalah penokohan ada dua macam karakter(tokoh utama dan sampingan) yang mempunyai peranan yang berbeda, sehingga dapat menghidupakan alur dari novel itu sendiri.
Berdasarkan dari hasil analsis ini, disarankan agar dilakukan analisii lebih lanjut dengan menggunakan novel yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk lebih mendalami unsur intrinstik penokohan dari berbagai novel yang berbeda.

 
(dicuplik dari http://chanersyah1945.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar